Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simpang Joglo Solo Salah Satu Jembatan Rel Terpanjang Di Indonesia

Pada 5 Desember 2023 lalu simpang joglo Solo untuk sementara dibuka. Jembatan ini langsung menjadi perhatian warga sekitar untuk melihatnya walaupun belum 100 persen jadi. Jembatan rel kereta berwarna merah ini sementara dibuka untuk menyambut dan memudahkan akses saat Natal dan tahun baru 2024.

Saat ini yang diperbolehkan melintas hanya untuk kendaraan kecil saja. Saat kami berada di lokasi memang baru dibuka untuk akses kendaraam kecil dan jembatan layang belum digunakan untuk kereta api melintas. Rencananya setelah libur nataru nanti akan ditutup kembali . 



Sekilas tentang jembatan simpang Joglo

Jembatan ini nantinya diperuntukkan untuk  jembatan layang rel kereta api. Jembatan joglo yang identik dengan warna merah ini dibuat tanpa baut dan semua penyambunganya menggunakan las di ketinggian hampir 40 m menggunakan crane. 

Jembatan layang untuk rel kereta api simpang joglo ini memiliki panjang 270 meter dengan dengan pipa baja sesuai dengan standar keamanannya.  Jembatan simpang joglo dipercaya menjadi jembatan rel kereta api terpanjang di Indonesia



Simpang joglo ini berada di kecamatan Banjarsari Solo. Sebelumnya simpang joglo mempunyai 7 persimpangan. Desain jembatan kereta simpang joglo berwarna merah ini kalau dilihat sekilas memang  keren dan kokoh. 

Rel layang simpang joglo solo nantinya akan menjadi salah satu landmark ikonik terbaru dari kota solo.  Rel layang simpang joglo akan menghubungkan kereta api Solo Semarang. 




Posting Komentar untuk "Simpang Joglo Solo Salah Satu Jembatan Rel Terpanjang Di Indonesia"